Indonesia Peringkat 1 Jamaah Haji Terbanyak di Dunia Tahun Ini

0
185

Pasamanfm.com,- Indonesia menjadi negara terbanyak yang mengirimkan jamaah haji tahun ini. Indonesia mengirimkan sebanyak 221.000 jamaah dan ini merupakan angka tertinggi dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia yang mengirimkan jamaah hajinya.

“Telah terjadi peningkatan lebih dari 50.000 jumlah jamaah tahun ini dibandingkan tahun 2016 yang tahun lalu sebanyak 168.000. Kuota awal untuk jamaah haji Indonesia pada tahun ini sebesar 210.000, kami berhasil mendapatkan kuota tambahan sebanyak 10.000 jamaah tahun ini,” ungkap Konsul Jenderal RI Mohamad Hery Saripudin seperti dilansir dari Saudi Gazette, Jumat, (25/8/2017)

Indonesia mengungkapkan terima kasih kepada pemerintah Saudi atas penambahan Quota ini. “Dari total jamaah, sebanyak 204.000 jamaah berada di bawah Mekanisme Haji Reguler yang dijalankan dan dikelola oleh pemerintah Indonesia dan sebanyak 17.000 jamaah haji ONH+ yang dikelola oleh operator tur swasta,” ungkap Heri Saripudin.

“Sebanyak 102.000 jamaah telah mendarat di Madinah selama periode 28 Juli – 11 Agustus lalu. Penerbangan ke Jeddah dimulai dari 12 Agustus dan akan berlanjut sampai 27 Agustus 2017. Pada hari Kamis, total 185.835 jamaah haji dan 2.342 petugas layanan haji telah mendarat di kota-kota suci menggunakan Maskapai Nasional, Garuda Indonesia dan Maskapai Nasional Saudi Arabian Airlines,” tambah Heri Saripudin.

Konjen RI juga mengatakan bahwa Indonesia mengirim sebanyak 3.500 staf, termasuk 1.800 dokter dan paramedis, untuk melayani para jamaah haji Indoneisa. Konsulat Jenderal RI mengatakan bahwa para jamaah haji Indonesia saat ini bahkan sudah ada yang memasuki daftar tunggu selama 40 tahun, dan jumlah calon jamaah yang ada dalam daftar tunggu tersebut sudah mencapai 2,5 juta. Sementara para jamaah haji yang berangkat tahun ini, merupakan para jamaah yang sudah menyelesaikan seluruh prosedur di tahun 2011. Konjen RI terus mendesak Arab Saudi untuk menambah kuota haji Indonesia sehingga bisa mengurangi jumlah daftar tunggu.

Menurut Heri Saripudin, telah terjadi lompatan kualitatif pada fasilitas dan layanan yang diberikan kepada jamaah haji Indonesia tahun ini, terutama mengenai akomodasi dan transportasi. Konsul jenderal RI menyatakan kepuasannya atas keseluruhan pelayanan haji dan ini dan dukungan besar dari pihak berwenang Saudi. “Sejauh ini kami tidak memiliki masalah dan keluhan utama, berkat koordinasi dan kerja sama yang erat antara berbagai instansi dan departemen terkait dengan operasi haji,” ungkap Heri Saripudin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here